Rabu, 21 Mei 2008

PENGENALAN PRAKTIS E-LEARNING

HENNI E. GINTING
1102406029
Pengenalan Praktis e learning.
Penggunaan ICT dalam pendidikan meliputi 2 hal yaitu aspek pengajaran yang melibatkan guru menggunakan ICT dan aspek pembelajaran yang melibatkan murid menggunakan ICT.
Mengapa kita menggunakan ICT ?
· Meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran.
· Meningkatkan motivasi
· Memberikan murid menentukan pembelajaran sendiri
· Mengakses informasi yang sukar diperoleh
· Meningkatkan kreativitas
· Meningkatkan kemahiran ICT
3.1. Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan pembelajaran.
(a) Tutorial.
ICT digunakan untuk pembelajaran tutorial apabila digunakan untuk menyampaikan informasi/pelajaran berdasarkan urutan urutan yang telah ditetapkan.
Pembelajaran tutorial meliputi :
· Pembelajaran ekspositori yaitu penjelasan terperinci.
· Demonstrasi dan latihan.
(b) Eksplorasi.
Penggunaan ICT untuk pembelajaran berlaku apabila ICT digunakan sebagai media untuk :
· mencari dan mengakses informasi dari internet.
· melihat demonstrasi sesuatu kejadian sesuai urutan dengan soft ware dan hard ware.
(c). Alat aplikasi.
ICT dikatakan sebagai alat aplikasi apabila membantu murid melaksanakan tugas .Contoh : - membuat dan menganalisa diagram dalam pelajaran matematika.
(d) Komunikasi.
ICT dikatakan sebagai alat untuk memudahkan komunikasi antara guru dengan murid dalam mengirim,dan menerima informasi.
4. Contoh – contoh praktis e learning dalam kelas.
4.1.Pembelajaran dengan Internet.
Kompetensi Dasar : Siswa dapat mendiskripsikan system tata surya secara sederhana
Langkah 1
Murid diminta membuka sumber informasi melalui web pada mesin pencari seperti : http://www.google.com atau http://www.msn.com atau http://www.yahoo.com .
Langkah 2
Ketik “ Tatasurya “ pada kolom mesin pencari lalu klik.
Langkah 3
Setelah muncul beberapa home page atau website,maka suruh siswa memilih salah satunya.Kemudian berikan waktu kepada siswa untuk membaca artikel .
(Biarkan siswa mengakses web atau home page yang berbeda)
Langkah 4
Siswa ditugaskan membuat rangkuman dari web atau home page yang telah dibaca.
Langkah 5
Siswa secara bergiliran mempresentasikan hasil kerjanya dan menyebutkan sumbernya.
Langkah 6
Siswa dengan bantuan guru membuat rangkuman dan kesimpulan .
Catatan :
Langkah langkah ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dalam pembelajaran.
4.2. Pembelajaran menggunkan e-mail ( Elektronik Mail )
Syarat utamanya : - Guru dan siswa harus mempunyai email
- Sekolah mempunyai web site
Langkah 1
Guru merumuskan soal pada website sekolah pada kolom yang ditentukan ( akademik,evaluasi )
Langkah 2
Siswa disuruh mengakses tugas / soal melalui web site sekolah sesuai dengan kolom yang ditentukan.
Langkah 3
Siswa menjawab pertanyaan/mengerjakaan tugas di e- mail masing-masing dan dikirim ( repaly ) ke e-mail guru
Langkah 4
Guru mengoreksi jawaban siswa dan mereplay hasil (koreksi atau nilai ) dan direplay ke email masing masing siswa.
4.3. Pembelajaran menggunakan Soft Ware Pendidikan ( Education Soft Ware )
Langkah 1
Guru harus mengeksplor terlebih dulu sofe ware pendidikan yang akan
digunakan .
Langkah 2
Guru membuat scenario pembelajaran sesuai dengan content sofe ware
Langkah 3
Guru mengajar dengan menggunakan soft ware tersebut dengan tetap memperhatikan bahwa soft ware hanya sebagai alat Bantu mengajar
Sumber: http://akhmadsolikhin.wordpress.com/2008/02/19/e-learning/

Tidak ada komentar: